♥ search ^^

Jumat, 09 November 2012

Beda Kehitaman Dasar Raster (BKDR)

Beda Kehitaman Dasar Raster (BKDR)

Yang dimaksud dengan Beda Kehitaman Dasar Raster (BKDR) atau jangkauan raster adalah selisih beda kehitaman model yang dipreproduksi dengan menggunakan penyinaran putih tunggal artinya apabila model dipotret dengan menggunakan raster dengan satu penyinaran saja yaitu Penyinaran Utama (Main Exposure),
maka semua nada dalam model diwujudkan kembali secara lengkap. Pada bagian terang (high light) diperoleh titik raster 95% dan pada bagian gelap (shadow) diperoleh titik raster 5% pada film negatif yang dihasilkan. Sebelum dilakukan pemotretan, raster yang akan dipergunakan harus dites terlebih dahulu. Tujuan pengetesan adalah untuk memperoleh BKDR sebagai dasar waktu Penyinaran Utama dan Penyinaran Rata (flash exposure) disamping itu raster yang diproduksi oleh pabrik satu dengan lainnya berbeda kehitamannya.

Menetapkan Beda Kehitaman Raster

Menentukan BKDR dilakukan dengan melakukan pemotretan terhadap tangga keabuan refleksi petunjuk kehitaman dari KODAK yaitu, Kodak Reflection Density Guide.

Tahapan Pengetesan sebagai berikut :
  • Ambil/dipersiapkan tangga keabuan refleksi dan tempatkan pada bidang model (copy board) selanjutnya di fokuskan bayangan dengan ukuran sama besar (100%)
  • Potret tangga keabuan dengan menggunakan film lith dengan menggunakan raster yang akan dicari                      BKDR nya. Misalkan waktu penyinaran ditetapkan selama 60 detik dengan menggunakan diafragma f16.
  • Film diproses dengan memperhatikan faktor variable pengembang. Setelah negatif diperoleh dan dikeringkan selanjutnya diperiksa, pada tangga atau step yang keberapa titik 5% dan 95%  diperoleh dengan tidak lupa membandingkan dengan step pada model yaitu tangga keabuan. Dimisalkan titik 5% pada kehitaman (D) 1.40 dan titik 95% dengan D = 0,30. Berarti Beda Kehitaman Dasar Raster (BKDR) dari raster yang diuji atau dites adalah 1.40 - 0,30 = 1.10. Penyinaran Utama diperoleh selama waktu 60 detik dengan menggunakan f16 pada kehitaman 0,30.
Untuk memperoleh dasar waktu penyinaran rata raster dipergunakan disinari secara bertangga dengan lampu penyinaran rata (flash) yang terdapat pada kamera.

sumber;Foto Reproduksi Halftone Montase film&plate making.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nah, supaya bisa bermanfaat bagi kita semua, gak ada salahnya untuk memasukan ide, dan masukan-masukan yg mungkin bisa admin tampung , supaya bisa saling berbagi.. ^_^