♥ search ^^

Selasa, 31 Juli 2012

Jenis dan Ciri-Ciri Raster

Jenis dan Ciri-Ciri Raster

Raster memiliki 3 jenis :

  1. Raster Nada Lengkap (Halftone-Screen)
  2. Raster Nada Rata (Tint Screen)
  3. Raster dengan efek khusus (special effect screen)
1. Raster Nada Lengkap (Halftone-Screen)

Raster nada lengkap dipergunakan untuk pemotretan nada lengkap.
Raster ini berdasakan struktur maupun berdasarkan bahan yang digunakan, terdiri dari :

  • Raster Singgung (Contac Screen) adalah raster yang terbuat dari plastic (polyester) pada permukaannya diberi pola titik-titik (dots). Raster yang kehitamannya semakin mengurang atau menipis pada pinggirannya disebut Vignet. Karena titik raster mempunyai kehitaman yang tinggi pada bagian tengah dengan dikelilingi nada abu-abu maka titik raster merupakan nada lunak, maka raster nada lengkap disebut soft dot.

  • Raster Kaca (Glass Screen) terdiri dari dua plat kaca optik yang digravure pada kedua sisinya akan diberi pewarna hitam yang tidak tembus cahaya, kemudian rekatkan satu sama lainnya. Ketika dilakukan pemotretan, permukaan raster tidak bersinggungan dengan film karena raster dan film mempunyai jarak (distance). Raster kaca di tempatkan pada alat pemegang raster pada kamera. Raster kaca terbagi menjadi 2 macam :
Raster Kaca Silang (Cross Line Screen), hampir sama dengan raster kaca biasa, namun perbedaannya yaitu pada raster kaca diagravure dengan sudut 90 derajat sedangkan raster kaca silang digravure dengan sudut 45 derajat.
Raster Alton Grader, raster ini diproduksi dari pabrik KLIMSCH. Raster terdiri dari dua pelat kaca yang direkat satu sama lainnya dan diberi warna magenta dengan density yang tidak sama. Dengan pemberian warna magenta dengan density yang tidak sama, maka hasil negatif yang diperoleh pada nada tengah tidak terjadi terputus secara mendadak dan hasil yang diperoleh seperti berlian ( diamond ).


2. Raster Nada Rata ( Tint Screen )
Raster nada rata hanya dipergunakan untuk pengontakan, jadi tidak dapat dipergunakan untuk pemotretan dan memiliki titik yang merata dengan presentase :
5-10-20-30-40-50-60-70-80-90 dan 95%. Raster nada rata disebut pula Hard dots, karena memiliki titik dengan kehitaman yang merata. Penggunaan dalam pengontakan untuk memperoleh kesan perubahaan warna solid ke arah warna yang terang atau warna muda dan digunakan untuk latar belakang gambar (background) dan kombinasi warna.

3. Raster dengan efek khusus (Special Effect Screen)
Raster efek khusus mempunyai bermacam-macam bentuk pola titik-titik atau garis dengan berbagai variasi namun tidak mempunyai kehalusan tertentu. Raster dipergunakan untuk mendapatkan efek khusus yang diinginkan dalam produksi barang cetakan seperti; latar belakang, ilustrasi gambar, garis dan sebagainya.
Raster jenis ini punn tidak digunakan untuk pemotretan, jadi hanya digunaka untuk pekerjaan pengontakan.

Ciri-Ciri Raster

Raster mempunyai ciri-ciri khusus antara lain :
1. Warna : Memiliki dua warna yaitu warna :
  • Abu-abu (Grey Screen) yang digunakan untuk pekerjaan hitam.putih dan pemisahan warna (Colour Separation) secara langsung (Direct Colour Separation).
  • Magenta digunakan untuk pemotretan hitam/putih dan pemisahan warna secara tidak langsung (In Direct Colour Separation).
2. Jenis Raster :

  • Raster Negatif digunakan untuk pemotretan negatif nada lengkap.
  • Raster Positif digunakan untuk pemotretan positif nada lengkap. 

gambar raster negatif yang memiliki titik dari 95 sampai ke titik 5.



gambar raster positif yang memiliki titik dari 5 sampai ke titik 95.




3.  Bentuk titik raster ( Shape Dots) :

  • Bentuk persegi (Square dots) atau papan catur.
  •  Bentuk oval atau lonjong (Elliptical dots) 
  •  Bentuk bulat (Round dots)
4. Sudut raster (Screen Angle) :

  • Pada proses pemisahan warna dengan penggunaan warna proses : Cyan, Magenta, Yellow dan Black yang mempunyai sudut raster yang berbeda antara sudut yang satu dengan yang lainnya. Perbedaan sudut raster bertujuan untuk mencegah terjadinya "moare" antara lain : Warna Cyan dengan sudut 105derajat, Warna Magenta dengan sudut 75derajat, Warna Yellow dengan sudut 90derajat, dan Warna Black dengan sudut  45derajat.
5. Kehalusan raster :

  • Kehalusan Raster ditentukan dengan jumlah garis per inchi atau per cm. Makin banyak jumlah garis, maka makin halus rasternya, misalnya : 65-85-100-120-133-150-175 garis per inch. 
6. Ukuran raster : 

  • Yang dimaksud dengan ukuran raster adalah besar ataupun kecil format daripada raster itu. Ukuran raster telah di tentukan oleh pabrik yang memproduksinya. 




1 komentar:

nah, supaya bisa bermanfaat bagi kita semua, gak ada salahnya untuk memasukan ide, dan masukan-masukan yg mungkin bisa admin tampung , supaya bisa saling berbagi.. ^_^