♥ search ^^

Minggu, 29 Juli 2012

Pengertian Raster

Pengertian Dan Tujuan Raster

 

Model atau gambar nada penuh (continous tone) ialah gambar yang memiliki semua nilai nada dari yang terang sampai yang gelap. Model nada penuh jika akan diproduksi menjadi negatif nada lengkap diperlukan raster (screen). Yang dimaksud dengan negatif nada lengkap (half tone negatif) adalah semua nada yang ada pada film negatif/positif yang diperoleh dengan pemotretan menggunakan raster. Raster ialah pelat kaca bergaris-garis halus yang saling menyilang, atau bahan lain yang mengandung pola titik-titik besar kecil (titik raster) pada film fotografi menurut jumlah sinar yang dilaluinya, digunakan untuk memproduksi model nada penuh menjadi negatif nada lengkap.

Raster berfungsi untuk memecah atau mempilah gambar nada penuh menjadi pola titik-titik besar kecil, yang apabila dillihat dari jauh dengan menggunakan penglihatan mata normal (tanpa alat pembesar) gambar tersebut akan memberi kesan ilusi sebagai  gambar penuh. 

Tujuan daripada penggunaan raster adalah : 

a. Film dan pelat cetak yang akan digunakan dalam proses reproduksi tidak dapat merekam nada antara yaitu warna abu-abu (middle tone) yaitu hanya nada hitam (solid) dan putih.

b Pengalihan atau pendistribusian tinta cetak dari bak tinta ke rol-rol tinta sampai ke pelat cetak secara penuh atau menyeluruh, sedangkan pembagiannya ke permukaan cetakan berdasarkan presentase titik-titik raster yang di peroleh dari hasil pemotretan nada lengkap.

Oleh karena itu maka nada penuh yang akan di produksi atau akan di cetak, perlu mempergunakan raster untuk  memperoleh hasil yang sesuai dengan hasil aslinya.

Pada film positif, kumpulan titik-titik kecil memberi kesan warna abu-abu lembut dan semakin besar titik raster akan semakin gelap.

2 komentar:

nah, supaya bisa bermanfaat bagi kita semua, gak ada salahnya untuk memasukan ide, dan masukan-masukan yg mungkin bisa admin tampung , supaya bisa saling berbagi.. ^_^