♥ search ^^

Sabtu, 15 Juni 2013

CARA MENGHINDARI CEDERA

Cara Menghindari Cedera Saat Berkendaraan Jarak Jauh


Berkendaraan jarak jauh tentunya sangat melelahkan. Banyak orang yang mengeluh nyeri punggung, nyeri pinggang, dan nyeri tengkuk saat perjalanan jauh. Tidak jarang orang mengeluh penyakit kencing batu kumat karena di perjalanan ia menahan buang air kecil. Jarak perjalanan yang jauh sering mengakibatkan orang merasa lelah dan mengantuk, ini menambah resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. 

Tentunya ini akan berdampak terjadinya cedera akibat kecelakaan. Sebagai contoh, cedera kepala dan cedera leher dapat terjadi terjadi karena benturan kepala pada kaca mobil akibat berhenti mendadak atau tabrakan. 
Hal ini akan menimbulkan kerusakan otak dan saraf leher akibat proses deselerasi-akselerasi dan benturan. Otak akan terkocok hebat. Mungkin orangnya tidak tampak luka, tapi ternyata ia tidak sadarkan diri karena terjadi gegar otak yang berat. Selanjutnya dapat diikuti oleh cedera dada, punggung,pinggang dan lutut akibat benturan apalagi bila tidak menggunakan seat belt dan tak tersedia kantong udara di mobil.

Agar anda tetap aman saat berpergian jauh, dan terhindar dari cedera dan berbagai keluhan nyeri-pegal-linu akibat perjalanan jauh, inilah caranya :






1. Tidurlah yang cukup sebelum membawa kendaraan agar anda tidak mengantuk dijalan.








2. Hindari minum alkohol bila anda ingin menyetir karena akan mengurangi kewaspadaan, sehingga risiko kecelakaan dapat meningkat sebanyak 6 kali. Makan dan minum secukupnya.









3. Lakukan pemanasan sebelum berkendaraan. Anda perlu melakukan latihan peregangan (stretching) dan gerakan merileksasi otot dan persendian. Boleh di tambah dengan latihan aerobik ringan.









4. Periksalah mobil anda sebelum berangkat. Anda perlu memeriksa tekanan ban, air radiator, aki, rem, dan mesin mobil.










5. Gunakan sabuk pengaman (seat belt) dan sandaran kepala. Jaga jarak yang cukup antara dada dengan setir, jangan terlalu dekat. Ini penting untuk menghindari risiko dari cedera leher, benturan kepala, dan benturan dada bila terjadi tabrakan.


6. Duduk tegak dan rileks saat menyetir. Ini penting agar anda tidak mengalami nyeri pinggang dan pundak/bahu saat menyetir jarak jauh.










7. Bawa obat-obatan seperlunya untuk berjaga-jaga, terutama obat penghilang rasa nyeri dan vitamin-vitamin untuk nyeri saraf agar fungsi saraf tidak terganggu selama perjalanan.






8. Bila anda mengantuk, minumlah air es seteguk. Bila sudah sangat mengantuk, berhentilah di pinggir jalan. Istirahatlah sejenak, lalu basuhlah wajah anda dengan air es. Ini akan menghilangkan kelelahan mata dan saraf. Bila pinggang terasa pegal, turunlah dari mobil dan lakukan gerakan mengendurkan otot dan stretching.







9. Jangan menahan kencing. Singgahlah sebentar di restoran atau SPBU terdekat. Menahan kencing terlalu lama dapat menimbulkan penyakit kencing batu atau peradangan saluran kencing, apalagi bila anda menderita pembesaran prostat.















10. Last but not least, berdoalah sebelum membawa kendaraan. Berserah diri dan  mohon perlindungan Tuhan Yang Maha Esa.









Hati-hati dijalan :)
sumber: seniornews.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nah, supaya bisa bermanfaat bagi kita semua, gak ada salahnya untuk memasukan ide, dan masukan-masukan yg mungkin bisa admin tampung , supaya bisa saling berbagi.. ^_^