♥ search ^^

Minggu, 16 Juni 2013

PENYAJIAN MAKANAN YANG COCOK

Penyajian Makanan Yang Cocok Untuk Para Lansia (Lanjut Usia)


Tidak semua cara penyajian makanan bisa diberikan kepada Lansia. Sebelum memberikan asupan, perlu diketahui dahulu kondisi fisik maupun psikis sekarang. Contohnya orang tua yang baru saja di operasi tidak mungkin di beri nasi biasa tanpa diolah atau dihaluskan terlebih dahulu.







Berikut ini beberapa bentuk penyajian makanan yang cocok bagi para lansia :





1. Makanan Biasa, 

Makanan biasa adalah makanan yang pengolahannya sama dengan makanan yang disajikan untuk orang sehat.






2. Makanan Saring

Makanan ini diberikan kepada lansia saat mengalami infeksi akut, termasuk infeksi saluran pencernaan, atau untuk mereka yang mengalami kesulitan menelan. Makanan ini diberikan untuk jangka waktu yang pendek karena tidak memenuhi kebutuhan gizi.





3. Makanan Cair

Makan cair diberikan kepada lansia sebelum dan sesudah operasi tertentu. Pada saat itu biasanya lansia mudah mual dan muntah, kesadaran menurunm dan suhu badan sangat tinggi.
Makanan yang diberikan dalam bentuk cairan yang tidak merangsang dan tidak meninggalkan sisa. mengingat nilai gizinya sangat rendah, tidak dapat diberikan dalam jangka waktu yang lama.




4. Makanan Lunak

Makanan ini diberikan untuk orang tua lanjut usia yang menderita penyakit infeksi dengan kenaikan suhu badan yang terlalu tinggi. Makanan ini diesediakan sebelum diperbolehkan mengonsumsi makanan biasa, supaya mudah dicerna. Selain rendah serat, makanan ini juga mengandung bumbu yang tidak merangsang

5. Makanan Cincang

Bentuk makanan cincang hampir sama dengan makanan lunak. Biasanya  lauk-pauk dipotong kecil-kecil atau dicincang, sehingga dapat lebih mudah dikunyah.
sumber: www.seniornews.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nah, supaya bisa bermanfaat bagi kita semua, gak ada salahnya untuk memasukan ide, dan masukan-masukan yg mungkin bisa admin tampung , supaya bisa saling berbagi.. ^_^