♥ search ^^

Senin, 03 Juni 2013

SEJARAH KOMPUTER DAN DEFINISI MENURUT PARA AHLI

Sejarah Komputer dan Definisi Komputer Menurut Para Ahli

Banyak orang yang mencari tahu asal-usul dari komputer, namun, sampai saat ini mereka hanya mengetahui point inti dari manfaat komputer itu sendiri bahwa perangkat keras ini bekerja untuk teknologi, nah, disini makarioi mau memberikan sejarah  "perkembangan komputer" itu sendiri, baik dari definisi-definisi yang di ambil dari beberapa ilmuan,
hingga definisi yang kami ambil dari sumber wikipedia.


Komputer berasal dari bahasa Latin, computare yang berarti 'menghitung' dan dalam bahasa inggris, to compute. Komputer tidak hanya berfungsi sebagai alat hitung, penggunaannya juga sudah sangat luas baik di supermarket pada kassa yang dapat mendeteksi harga barang melalui barcode maupun telepon sebagai pendeteksi pulsa telepon dan menghubungkan komputer dengan internet. Sekarang ini komputer mampu memberikan informasi dan sebagai media telekomunikasi dengan menggunakan jaringan internet. Dalam dunia bisnis, komputer mampu mendeteksi barang dengan barcode dan scanner, transfer uang secara elektronik. Di perumahan, komputer dapat berfungsi sebagai alat pengamanan (security system). Komputer dalam dunia otomotif (automobile) digunakan sebagai penunjuk kapasitas bahan bakar. Komputer dalam dunia entertainment, membantu membuat digital suara dengan sistem stereo dan membantu membuat gambar animasi. 

Beberapa definisi komputer menurut para ahli :

1. Menurut Robert H. Blissmer seorang penulis dari buku Komputer, komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas , seperti ; menerima input, memproses input tersebut sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, Menyediakan output dalam bentuk informasi.

2. Menurut V. C Hamacher et al. 1982 berpendapat bahwa mesin penghitung yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi.

3. Menurut Jhon J. Longkutoy berpendapat bahwa komputer adalah alat pengolah data atau pemecah persoalan yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan, tetapi penanganannya harus ditangani oleh ahlinya.

4. Menurut William M Fuori, Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan dasar operasi logika, tanpa campur tangan manusia.

5. Menurut Elias M. Awad, Komputer adalah alat hitung yang memproses data yang disajikan dalam bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog).

7. Menurut Donald H. Sanderes. 1985, berpendapat bahwa komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output di  bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di dalam penyimpanannya (Stored Program).

8. Menurut Williams Sawyer, komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses dan memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.

9. Menurut Larry Long dan Nancy Long, komputer adalah alat hitung yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan dan operasi-operasi logika.

10. Dan menurut Wikipedia sendiri pun, komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. 


Bukan saja Perkembangan Komputer yang kita lihat disini, bahkan kita sudah mengetahui definisi dari para ahli itu sendiri. Kemajuan Teknologi akan semakin maju, demikian juga perkembangan dunia komputerisasi pun akan maju pula. So, kira2 jenis komputer seperti apa ya yang akan ada di masa depan nantinya? Hmm :)

9 komentar:

nah, supaya bisa bermanfaat bagi kita semua, gak ada salahnya untuk memasukan ide, dan masukan-masukan yg mungkin bisa admin tampung , supaya bisa saling berbagi.. ^_^