♥ search ^^

Minggu, 16 Juni 2013

MANFAAT KENCUR

Manfaat Kencur Dan Cara Pengolahan Ramuan Obatnya


Selama ini orang lebih mengenal kencur sebagai bahan baku jamu beras kencur atau beas cikur (dalam bahasa sunda). Beras kencur memang sangat berkhasiat untuk menyegarkan tubuh. 

Jamu beras kencur bermanfaat sebagai obat luka memar (luka yang tidak terbuka), keseleo, pegal-pegal, ataupun bengkak. Caranya tumbuk segenggam beras dengan kencur secukupnya (lima rimpang). Oleskan pada bagian yang memar atau yang keseleo, lalu dibalut. Lakukan sampai memar/keseleo sembuh.
Selain bermanfaat sebagai obat oles, beras kencur pun dapat dimanfaatkan sebagai minuman. Minuman beras kencur ini lebih enak jika memakai gula aren atau gula jawa untuk mengurangi aroma khas yang dikeluarkan kencur.
Kelelahan akibat bekerja bisa diatasi dengan ramuan kencur. Bahan yang diperlukan adalah satu rimpang kencur yang cukup besar diiris kasar, satu sendok makan tepung beras yang sudah direndam sekitar satu jam, dan satu potong gula kelapa atau aren dan seruas jari asam jawa. Seduh bahan dengan satu gelas (250 cc) air panas, diblender, lalu disaring, dan minum airnya. Untuk hasil maksimal, lakukan tiga kali sehari.

Lebih dari itu, kencur dapat dimanfaatkan untuk beragam keluhan, diantaranya :

1. Asma












Ambil tiga rimpang atau kurang lebih 30 gram kencur segar. Setelah dicuci bersih, parut, lalu peras. Airnya dicampur dengan dua sendok makan madu dan sebutir telur ayam kampung. Campuran tersebut dikocok-kocok, kemudian diamkan sebentar baru diminum.


2. Rematik
















Satu ons kencur, setengah ons biji kedawung, dan tengah ons jahe dirajang, serta satu ons beras di gerus. Semua bahan direbus dengan dua setengah gelas air hingga tinggal segelas. Setelah diangkat tunggu sampai hangat, kemudian disaring hingga satu gelas. Tambahkan jeruk nipis dan dua sendok teh madu. Ramuan ini diminum dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.

3. Masuk Angin












Untuk mengobati masuk angin, satu rimpang kencur sebesar ibu jari dikuliti hingga bersih, lalu dimakan dengan garam secukupnya. Selanjutnya minumlah satu gelas air putih hangat. Hal ini dapat dilakukan dua kali sehari.


4. Pelancar Haid














Siapkan dua rimpang kencur sebesar ibu jari, satu lembar daun trengguli, satu biji buah cengkeh tua, dan adas pulawaras secukupnya. Kencur dicincang, lalu campur dengan bahan lain. Rebus dalam tiga gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa dua gelas. Saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing satu gelas.


5. Diare



Dua rimpang kencur sebesar ibu jari diparut, tambahkan garam dapur halus. Peras dan saring, kemudian oleskan pada perut sebagai bedak.


6. Kutu air


Ambil kencur yang cukup besar lalu dibelah. Gosokan pada sela-sela jari kaki yang terkena kutu air.


7. Sakit Kepala


Ambil 3-5 lembar daun kencur, ditumbuk sampai halus lalu dioleskan (sebagai kompres) pada dahi.


Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi kesehatan anda. Semoga cepat sembuh. :)
sumber: www.seniornews.co.id&majalahgayahidupsehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nah, supaya bisa bermanfaat bagi kita semua, gak ada salahnya untuk memasukan ide, dan masukan-masukan yg mungkin bisa admin tampung , supaya bisa saling berbagi.. ^_^